breaking

budaya

Mengibarkan Haba Aneuk Nanggroe Atjeh (HANA). Diberdayakan oleh Blogger.

NATIJAH

NATIJAH

HUKUM DAN KRIMINAL

HUKUM DAN KRIMINAL

NANGGROE

NANGGROE

atjeh

atjeh

nasional

nasional

SYA'E

clean-5

HADIH MAJA

/ / Unlabelled / Jangan Percaya Isu Meletusnya Tiga Gunung Api Di Aceh

Share This

BANDA ACEH ( Berita ) : Warga Aceh diimbau tidak terpengaruh dengan isu, bahwa peningkatan aktivitas Gunung Sinabung di Tanah Karo, akan memicu meletusnya tiga gunung api di Provinsi Aceh.
Ketua IAGI Pengda Aceh Ir Faizal Adrianyah, MSi, Senin (25/11), mengatakan hal itu terkait beredarnya isu yang tidak jelas sumbernya. Isu tersebut, katanya, tiga gunung api di Aceh akan meletus menyusul Gunung Sinabung.
Menurut Faizal, tiga gunung api berkategori kelas Ada wilayah Aceh, yaitu Sulawah Agam di Aceh Besar, Peut Sago di Pidie, dan Burni Telong di Aceh Tengah, masih dalam status aktif normal.
Ketiga gunung api tersebut selalu dipantau oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Api yang terletak di wilayah tersebut. Namun, tidak ada hubungan dengan meletusnya Gunung Sinabung. Untuk itu, katanya, semua informasi tentang perkembangan dan status aktivitas gunung api secara resmi hanya disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) “Untuk itu, masyarakat diimbau agar jangan mudah mempercayai informasi yang tidak jelas, seperti dari sms ataupun sumber lain yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Faizal.
Pada bagian lain, IAGI Pengda Aceh juga mengimbau Pemerintah Daerah yang memiliki gunung api aktif agar meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi intensif dengan Pos Pengamat Gunung Api dibawah PVMBG.
‘’Pemerintah Daerah bersangkutan perlu melakukan peninjauaan lapangan dengan berpedoman pada Peta Daerah Bahaya yang sudah ada. Hal ini guna mengetahui perkembangannya sekaligus keberadaan warga, apakah berada di daerah yang akan terkena langsung letusan gunung api atau “daerah merah” atau belum. Selain itu, katanya, Pemerintah Daerah perlu mempersiapkan jalur-jalur evakuasi bila terjadi bencana letusan dengan rambu-rambu yang jelas. (WSP/b04)
«
Next

Posting Lebih Baru

»
Previous

Posting Lama